Saturday, January 4, 2014

Videotherapy dalam BK

Motivasi konselor untuk menguasai teknologi informasi dalam upaya untuk mendukung layanan BK yang profesional sangatlah perlu diberikan acungan jempol.

Teknologi informasi akan memberikan kesan inovatif, kreatif dan menyenangkan saat memberikan layanan BK.

Aplikasi TI akan memberikan kesan visual yang membuat siswa/konseli menjadi senang mengikuti proses bimbingan atau konseling

Pada dasarnya, siswa yang bermasalah tersebut memerlukan pemecahan masalah dengan cara yang logis dan masuk akal. Siswa/konseli yang berada dalam persoalan, perlu diberikan bimbingan/konseling secara tepat. Media bantuan yang digunakan dalam pelaksanaannya adalah videotherapy. Melalui visualisasi video, siswa akan lebih paham dengan persoalan yang dialaminya.

Contoh realnya : Ketika ada siswa yang motivasi belajarnya rendah, maka bisa ditayangkan video-video motivasi yang bisa membuka cakrawala berpikir konseli supaya motivasi belajarnya tumbuh.

Videotherapy adalah salah satu cara memberikan layanan konseling menggunakan video sebagai medianya. Tentunya penyajian videonya perlu dikemas dengan baik dan terstruktur serta harus sesuai dengan masalah yang dialami konseli.

2 comments:

  1. Dear If you are an outsourced employee employed by Bubblews to post online through fake accounts please do not read However if you are an honest user then go here and read: http://geo999.tumblr.com/

    ReplyDelete