Wednesday, September 21, 2011

Mata Kuliah TI BK

Mata kuliah Teknologi Informasi BK khususnya di IKIP PGRI Bali Denpasar merupakan mata kuliah baru, yang dimulai pada tahun ajaran 2011/2012. Adapun dasar diberikannya mata kuliah ini adalah supaya calon guru bimbingan dan konseling/ konselor bisa menguasai perkembangan teknologi yang dapat dimanfaatkan dalam mendukung layanan bimbingan dan konseling.

Mahasiswa yang mengikuti perkuliahan TI BK ini dipersiapkan untuk menguasai perkembangan teknologi seperti : dapat menguasai dan mengoperasikan aplikasi komputer/laptop dalam mendukung kegiatan layanan BK, dapat memanfaatkan e-mail, telephone, televisi dan internet untuk mendukung layanan BK berbasis teknologi (Cyber Counseling).

Secara teoritik, siswa diajak untuk mendiskusikan tentang : Manfaat TI BK, Urgensi TI dalam BK, Fungsi dan peranan TI BK, Pengenalan komputer dan internet sebagai pendukung  sarana kerja BK, sistem TI  dalam BK, latihan membuat media BK, layanan BK berbasis teknologi, isu dan etik legal TI BK, latihan membuat blog dalam bidang BK, pemanfaatan aplikasi komputer dalam kegiatan : analsis tes, membuat data BK dan sejensinya.

Dikuasainya teknologi informasi yang dapat mendukung layanan bimbingan dan konseling merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pribadi konselor, sehingga tidak ada kata " GAPTEK" untuk guru bimbingan dan konseling/konselor kedepan.

No comments:

Post a Comment